Just Ordinary, Not Girl, Not Yet Woman

My life is wonderful, thank you Allah
Selama ini kita sibuk luluran, facial dan lain - lain untuk membuat kulit menjadi sehat dan bersih. Tetapi tahukah kalian bahwa kita dapat merawat kulit bukan hanya dari luar, tetapi melalui nutrisi - nutrisi yang kita serap melalui makanan. Apa aja sih makanan yang bernutrisi untuk kulit? Berikut ini adalah 9 makanan yang benutrisi untuk kulit. Semoga bermanfaat ^.^

Air. Air menjaga akar kulit tetap lembab, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, membantu sel menyerap nutrisi dan mengeluarkan racun. Selain itu, air juga memperlancar aliran darah, menjaga kulit tetap bercahaya.

Selenium. Selenium merupakan mineral yang membantu melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas. Selain itu, mineral ini juga berfungsi mencegah kanker. Anda bisa mendapatkan selenium dari makanan seperti kacang brazil, jamur kancing, udang, daging domba, ikan cod, tuna, salmon, daging sapi, kerang, sarden, kepiting, dan pasta whole-wheat.

CoQ10: Coenzyme Q10. CoQ10 merupakan antioksidan kuat yang secara alami diproduksi di dalam tubuh. Antioksidan ini melindungi kulit dan sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, CoQ10 juga terlibat dalam produksi energi dan fungsi sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mendapatkan antioksidan ini dari oily fish seperti salmon dan tuna, daging organ seperti hati, serta whole grain.

Antioksidan untuk sel sehat. Antioksidan mencegah atau memperlambat kerusakan sel akibat radikal bebas. Kerusakan ini akan menyebabkan tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan kulit kering. Antioksidan bisa ditemukan dalam semua jenis makanan, khususnya buah dan sayuran berwarna seperti berries, tomat, aprikot, bit, labu, bayam, ubi jalar, cabai, kacang kedelai dan jeruk.

Vitamin A untuk perbaikan kulit. Ingin kulit cerah dan halus? Tambah asupan jeruk, wortel atau blewa. Buah dan sayuran ini kaya vitamin A, yang membantu menjaga kelembaban lapisan kulit bawah Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan vitamin A dari sayuran hijau, telur, dan produk susu rendah lemak seperti keju dan susu.

Vitamin C: lindungi dari sinar matahari. Vitamin C membantu melindungi kulit dari sinar matahari. Selain itu, vitamin C juga memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas umumnya merusak serat kulit seperti kolagen dan elastin. Vitamin ini bisa didapat dari paprika merah, buah sitrus, pepaya, kiwi, brokoli, dan sayuran hijau.

Vitamin E: tingkatkan kesehatan kulit. Vitamin E merupakan antioksidan lain yang bisa mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari. Vitamin ini juga berperan sebagai antiperadangan dan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini bisa didapatkan dari minyak sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, zaitun, bayam, asparagus, dan sayuran hijau.

Asam lemak esensial. Asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6 membantu memproduksi lapisan minyak pelindung alami kulit serta mencegah munculnya jerawat. Anda bisa mendapatkan lemak esensial ini dari minyak zaitun dan canola oil, biji rami, kenari, serta jenis ikan seperti salmon, sarden dan makarel.

Minyak sehat. Beberapa jenis minyak lebih kaya asam lemak esensial dibandingkan minyak lain. Virgin olive oil misalnya, lebih kaya asam lemak dibandingkan jenis minyak komersial lainnya. Minyak ini membantu melembabkan kulit dan menjaga agar kulit terlihat dan terasa sehat.

sumber:  http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2010/04/07/2365/3/Sembilan-Nutrisi-untuk-Kulit-Sehat-

0 komentar:

Posting Komentar